Bikin Style Yamaha S900 Pakai Sonar

Yamaha Saturday, 24/Sep/2011 06:22 0 Komentar - 21 hits
Jika anda seorang pengguna keyboard Arranger Workstation, tentunya anda sudah akrab dengan yang disebut dengan Style. Style ini tentunya merupakan salah satu fasilitas yang mempermudah anda dalam mengiringi sebuah lagu. Namun kadang-kadang style preset yang ada pada keyboard tersebut, kurang cocok dengan lagu yang dimainkan. Sebagai contoh di Indonesia ada musik dangdut, sementara pabrik keyboard tersebut tidak menyediakan Style dangdut. Untungnya, pada beberapa keyboard sudah menyediakan fasilitas bagi para penggunanya untuk membuat Style sendiri, seperti pada keyboard Yamaha PSR S900 yang menyediakan fasilitas Style Creator. Namun, karena pembuatan Style itu dilakukan langsung pada keyboard, akhirnya proses pembuatan Style menjadi sangat rumit dan memakan waktu yang tidak sedikit.

Akhirnya, pengguna pasti berpikir untuk mencari software untuk membuat Style tersebut, dengan tujuan agar membuat Style menjadi lebih mudah, cepat, dan leluasa. Mungkin hal pertama yang dilakukan adalah mencari di Google dengan kata kunci "Download Free Style Creator" atau "Download Free Style Maker" atau juga "Download Free Style Editor", dan berbagai macam kata kunci lainnya. Namun sangat jarang sekali mereka menemukan apa yang sesungguhnya mereka maksud. Dan akhirnya mereka pun tidak punya pilihan lain selain membuat Style pada keyboard, atau membeli Style buatan orang lain yang tidak jarang dibuat secara asal-asalan. Bagi para musisi yang sudah tingkat advance atau expert, tentunya hal ini sangat mengganggu mereka secara musikalitas.

Pada halaman ini saya ingin berbagi tips kepada anda, tentang bagaimana membuat Style Yamaha PSR S900 dengan menggunakan software SONAR (Cakewalk). Pasti anda bertanya, "apakah bisa SONAR men-save as Style atau mengexport Style?". Jawabannya tentu tidak. Namun cara yang akan saya berikan ini adalah betul-betul SONAR digunakan 100% untuk membuat Style pada Yamaha PSR S900.

Sebelum melakukan langkah-langkahnya, anda wajib memasang Cakewalk Instrument Definition pada SONAR untuk tipe keyboard Yamaha PSR S900.

Langkah-langkah yang harus anda lakukan pada SONAR:

1. Buka aplikasi SONAR, dan kemudian buatlah 16 channel MIDI.

2. Pada bar pertama (pada time 1:01:000), berilah dua marker dengan nama SFF1 dan kemudian nama SInt.

3. Kemudian pada bar kedua dan selanjutnya berilah masing-masing dua marker pada waktu yang sama dengan nama dan berurutan:
- Main A dan fn:Main A (untuk nanti dimainkan pada Main A)
- Main B dan fn:Main B (untuk nanti dimainkan pada Main B)
- Main C dan fn:Main C (untuk nanti dimainkan pada Main C)
- Main D dan fn:Main D (untuk nanti dimainkan pada Main D)
- Fill In AA dan fn:Fill In AA (untuk nanti dimainkan pada Fill In A)
- Fill In BB dan fn:Fill In BB (untuk nanti dimainkan pada Fill In B)
- Fill In CC dan fn:Fill In CC (untuk nanti dimainkan pada Fill In C)
- Fill In DD dan fn:Fill In DD (untuk nanti dimainkan pada Fill In D)
- Intro A dan fn:Intro A (untuk nanti dimainkan pada Intro A)
- Intro B dan fn:Intro B (untuk nanti dimainkan pada Intro B)
- Intro C dan fn:Intro C (untuk nanti dimainkan pada Intro C)
- Ending A dan fn:Ending A (untuk nanti dimainkan pada Ending A)
- Ending B dan fn:Ending B (untuk nanti dimainkan pada Ending B)
- Ending C dan fn:Ending C (untuk nanti dimainkan pada Ending C)
- Fill In BA dan fn:Fill In BA (untuk nanti dimainkan pada Break)

4. Kemudian silahkan anda isi tiap channel dengan komposisi musik yang akan anda buat Style. Jangan lupa untuk menentukan bank dan patch instrument tiap channelnya dengan bank dan patch instrument S900. Nada dasar yang digunakan dalam mengisi komposisi Style yaitu "C" dan harus major (jangan minor). Channel pun tidak perlu diisi semua, sesuaikan dengan kebutuhan Style anda. Tempatkan instrumen drum pada channel 10.

5. Jika sudah selesai, maka Save As: Standard MIDI Files 0 (jangan Save As ke Standard MIDI Files 1).

Karena hasilnya berupa sebuah MIDI file, maka agar dapat dikenali oleh Yamaha PSR S900 sebagai Style, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengganti ekstensi file tersebut. Langkah-langkahnya adalah:

a. Hal yang pertama harus anda lakukan yaitu memunculkan ekstensi file pada Windows Explorer. Biasanya setting default Windows XP tidak memunculkan ekstensi file-nya (lewati langkah ini jika Windows Explorer anda sudah menampilkan ekstensi file). Cara memunculkan ekstensi pada Windows Explorer yaitu dengan menonaktifkan atau mendisablekan opsi "Hide extensions for known file types" pada Windows Explorer anda. Caranya adalah:
- Buka Windows Explorer.
- Pilih Tools, kemudian Folder Options, dan pilih tab View.
- Lepaskan/hilangkan tanda checklist pada "Hide extensions for known file types".
- Klik OK.

b. Langkah selanjutnya adalah merubah ekstensi file yang akan dibuat Style tersebut. Misalnya nama file tersebut adalah Keroncong, maka pada Windows Explorer anda file tersebut akan ditampilkan: "Keroncong.mid".

c. Rubahlah file tersebut dengan mengganti "Keroncong.mid" menjadi "Keroncong.S725.prs" atau "Keroncong.STY". (Saya rekomendasikan anda untuk mengganti ekstensinya dengan *.S725.prs).

d. Jika keluar peringatan: "If you change a file name extension, the file may become unuseable. Are you sure you want to change it?", pilih Yes.

e. Copykan file "Keroncong.S725.prs" tersebut ke dalam flashdisk. Pasang flashdisk tersebut pada keyboard anda, copy Style tersebut, kemudian paste ke keyboard anda di User Style

Selamat Mencoba.
0

Rian's Dj
  • City: Palembang
  • Posts: 1036
  • Uploads: 519
  • Scores: 3398

Tulis Komentar

.: Belum ada komentar :.

0.001s
ShoutBox