Musik Tradisional Batak Di Festival Indonesia

Kontes & Festival Wednesday, 26/Oct/2011 08:49 1 Komentar - 489 hits
Diperbarui pada Tuesday, 22/Nov/2011 10:05
Konsulat Jenderal Repubik Indonesia Victoria dan Tasmania yang dikomandani Konjen yang masih muda Wahid Supriyadi bekerjasama dengan Festival Indonesia Incoporated, sebuah lembaga Non profit yang khusus dibentuk pada Desember 2005 lalu, kembali menggelar Festival Indonesia 2006 sejak tanggal 14-17 September dengan mengangkat Sumatera sebagai bintang, dengan Performance Sumut dan Sumbar sebagai fokusnya.

Bukan main-main, Festival yang mengambil tempat di Federation Square yang merupakan jantung Kota Melbourne sebagai “Sumatera dua hari” benar benar dapat menyihir warga Kota Melbourne sejak tanggal 16-17 September.

Menurut Jahar Gultom Konsul bidang Ekonomi dari KJRI Melbourne dan Dr Cely Gultom (adik kandung Miranda Gultom/Deputy Senior BI) dan M Silalahi tokoh masyarakat Sumut yang sudah lebih 20 tahun di Melbourne kepada Penulis (Solon Sihombing), penampilan Team Kesenian dari Sumut yang dipimpin langsung Gubernur Sumut Drs Rudolf Pardede pada acara Cultural Performances benar-benar membuat warga Melbourne yang setiap hari hadir ribuan orang tanpa dipungut bayaran itu benar benar terpesona .

Anak-anak rata-rata berusia 12 tahunan yang dibawa khusus dari Tapanuli dan masih sangat lugu-lugu, dengan gaya dan permainan alat musik tradisional seperti Gondang Batak dan musik tradisional Batak lainnya yang sangat piawai dan profesional, dapat membuat pengunjung berdecak kagum dan salut akan kerja sama dan teknik memainkan musik dan tarian tradisional yang disuguhkan begitu juga lagu-lagu Tapanuli yang disuguhkan anak-anak muda belia ini .

Selama ini, masyarakat Australia hanya mengenal Bali yang dikenal dengan wisata budayanya. Dan dengan hadirnya rombongan dari Sumut dalam acara Kesenian dan Trade Expo dan Food Bazaar, di mana ditampilkan pula berbagai jenis makanan, garment, handicraft dan perabotan produksi Sumut, akan membuka mata warga Australia untuk berkunjung ke Sumatera Utara dan berinvestasi tentunya. Apalagi dalam acara Fashion Show, Josua Andreas Pardede, putra bungsu Gubernur Sumut yang merupakan Designer terkenal di Melbourne dengan rancangan Ulos Batak dan pakaian daerah lainnya bersama peragawati Australia dengan mempesona menggelar hasil karyanya di hadapan publik Australia di Melbourne.

Menurut Konjen RI Wahid Supriyadi dan Konsul Jahar Gultom, acara Festival Indonesia akan digelar pada tahun-tahun berikutnya. Acara ini juga didahului dengan kegiatan Business Conference yang berlangsung tanggal 14-15 September di Grand Hyatt Melbourne, yang turut dihadiri pengusaha Indonesia dan Australia dan juga Menteri Pekerjaan Umum Joke Kirmanto dan Ketua BKPM M Lutfi dan delegasi dari Sumut, Gubsu Drs Rudolf Pardede, Ketua BPKD Gandi Tambunan, Kadinas Pariwisata Sumut Ridwan Batubara, dan Bupati Makdin Sihombing dari Humbahas dll.

Sebagai rasa simpatik kepada warga Indonesia di Melbourne Pemda Sumut melalui Gubsu Drs Rudolf Pardede dan Kadinas Pariwisata Sumut Ridwan Batubara, disumbangkan via KJRI di Melbourne perlengkapan alat musik Gondang Batak dan rencananya juga Guru Musik Gondang dari Indonesia, sebagai ucapan terima kasih.

Sekalian juga untuk dapat diajarkan kepada warga Indonesia dan Australia sehingga dapat menjadi alat promosi kekayaan bangsa Indonesia
0

randa
  • City: medan
  • Posts: 7
  • Uploads: 5
  • Scores: 305

Tulis Komentar

.: 1 Komentar :.


R-Adja
  • City: Kota Reyog
  • Posts: 4441
  • Uploads: 164
  • Scores: 5417
Friday, 09 December 2011 13:52
Mantap Bung :)
:) :) :)
INGIN BELAJAR DENGAN KALIAN SEMUA - SALAM KENAL

Contact Person (CP) : 082314958180
Blackberry Msgr: D9590A91

SHARING - BERBAGI - BELAJAR
0
0.033s
ShoutBox