PERFECT ENTERTAINER

Tips & Trik Thursday, 22/Mar/2012 15:20 0 Komentar - 4 hits
PERFECT ENTERTAINER
[dedicated 4 all keyboard player]

Coba bayangkan sebuah panggung , di sisi kiri ada seorang player organ tunggal yg lumayan senior di daerahnya , duduk di kursi lipat , keyboard cuma satu , baju seadanya asal pantes , di tambah rambut panjang acak2 an , pake cemberut lagi.
Di sisi kanan ada seorang player organ tunggal yg kalah senior dengan yg di kiri , berdiri dengan 2 keyboard , assesories [modul\laptop] , memakai jas, fresh , potongan rambut rapi dan bergaya , dia selalu tersenyum .
Seandainya anda besok punya kerja , mana yang anda job?? Yg kiri atau yg kanan ?? Kalo saya pastilah yg kanan yg saya job !!
Walaupun yg kiri lebih senior , tapi yang kanan lebih sedap di pandang , nggak malu2 in tamu2 yang datang. Inilah sedikit gambaran masih banyak player OT yg tidak memperhatikan penampilan . Seperti saya dulu !! heheheheehe
Terkadang kita sebagai player OT udah sombong duluan dengan permainan kita yg hebat. Kita melupakan penampilan diri kita . Kita lupa bahwa kita ini bukan artis top ibukota yg bisa berpenampilan seenaknya . Kita dibayar sama klien [ yg ngejob kita ] disamping untuk menghibur , sebenernya juga sebagai fungsi “furniture” atau hiasan yg sedap di pandang mata .
Lalu bagaimana menjadi seorang perfect entertainer??
1.Mulailah dengan merubah penampilan diri .
- Buat player cowok ,Potong tuh rambut panjang mu!! Berat ya ?? heheheh kaya saya dulu , berat rasanya potong rambut panjang kesayangan ku . Tapi setelah saya pikir kembali , Jaman sekarang orang lebih suka rambut pendek bergaya . [toh grup2 rock sekarang juga pendek dan rapi , bahkan metalica pun pendek semua ! hehe ] . Rambut panjang bagi sebagian orang2 tua dan bos2 berarti “kasar , kampungan , harga murah , bahkan preman” sekali lagi ingat, kita bukan artis top ! Akhirnya aku potong rambut panjangku , biar di terima di semua klien [ bawah sampai atas ]
- Pakailah baju yg elegan , modis , jas, atau model2 lain yang unik tapi sopan . Ingat kita juga di lihat tamu2 [ fungsi furniture ]
- Bersihin tuh wajahmu , biar seger, fresh,ndak kusut , berminyak , kaya abis ml !! hahahaha
- Selalu tersenyum ramah !! ini penting sekali , walaupun banyak masalah di rumah , walaupun singer bikin jengkel , walaupun lagi sakit gigi dsb dsb .. keep smiling !! ingat kita dilihat tamu2 . penampilan abis2 an kita jadi nggak ada artinya tanpa senyum ramah terpancar .
- Cukup istirahat sebelum job . Mood yg kluar dan keasyikan bermain keyboard akan bertambah jika kita fresh dan nggak letih .
2.Disiplin waktu !
- Bisnis kita ini adalah bisnis kepercayaan . Datanglah minimal 1 jam sebelum acara , idealnya 2 jam sebelum acara dimulai . Jangan sekali2 membuat deg2 an penyelenggara acara . Sekali orang tidak percaya sama kita, dia akan cerita ke mana mana dan berdampak buruk sama job yg masuk .
3.Lengkapi senjatamu !
- Bawalah minimal 2 keyboard waktu manggung ! lebih bagus lagi bawa juga laptop . Mau di pake mau enggak yg penting kliatan keren dilihat dan menambah performance kamu [sebaiknya bisa makenya juga sih ..hehehe]
- Main keyboard sambil berdiri ! kalo ndak kuat ya beli kursi tinggi [kursi bar] . Kliatan elegan , dan sama tinggi dengan singer waktu perform .
- Selalu update lagu , mulailah belajar membuat style \ song sendiri . bisa membuat style \ song sendiri , brarti musik yg kamu mainkan adalah ciri khas mu yg tidak bisa di tiru sama player lain . Jika kamu unik [lain dari player lain] maka peranmu tidak akan bisa tergantikan sama player manapun .
- Bawa song sebanyak mungkin , buat jaga2 aja , terkadang kita ni dianggap mesin karaoke oleh sebagian tamu ... hehehehehe
5.Bawa asisten
- Kalo properti yg harus kita bawa sudah sedemikian banyak , Tidak elegan dilihat kalo kita seorang player mesti bawa2 properti dan setting properti di panggung , Jangan pelit bayar asisten . Itung2 ngasih pekerjaan orang . Kitapun jadi enak , tinggal datang , main , pulang . Dilihat tuan rumah dan tamu2 pun enak . Kliatan profesional .
6.No Drink and Drug !!
- Bagi sebagian player , mabok dan drug saat manggung menambah kepercayaan diri dan performa . Bagi saya kok malah menghambat pekerjaan . Bukannya saya ndak pernah mabuk saat manggung , tapi sewaktu mabuk , jadi nggak kontrol sama accord, urutan lagu , yg paling parah lagunya lupa ! hahahaha... Pada prinsipnya kalo kita mabuk , kepekaan telinga jadi berkurang ,konsentrasi menurun drastis, Kesalahan2 permainan waktu manggung jadi nggak kerasa \ nggak sadar , pernah saya coba rekam pas mabuk ... hasilnya ?? kacau balau ! hhahaha .... untungnya pas main di cafe yg pengunjungnya mabuk juga , pas ! kompak ! Tetapi coba bayangkan jika yang mabuk cuma kita ?? sedangkan tamu2 tidak mabuk , apakah itu tidak memalukan ?? nggak sadar menghancurkan karir kita sendiri ??

Itulah tadi sedikit masukan saya tentang Perfect Entertainer . Berawal dari pengalaman pribadi .Penting untuk kita sadari , bahwa tamu2\penonton yg datang tidak semua tahu musik , alat2 musik , dan dunia entertainment . Mereka datang karena undangan tuan rumah . Mereka datang tidak hanya bawa kuping ! tapi juga mata ! Kalau musik kita sudah enak di dengar , mata mereka juga harus melihat fisik kita yg tampil elegan ,fresh , unik dan bergaya.
Harus di sadari , bahwa mereka yg bayar kita , kalo mereka puas , tamu2 puas , pasti job akan berdatangan . Karena telinga dan mata mereka terhibur dengan baik .
Semoga bermanfaat ..... !
0

teddy_music
  • City: semarang
  • Posts: 150
  • Uploads: 100
  • Scores: 4028

Tulis Komentar

.: Belum ada komentar :.

0.002s
ShoutBox