Sekilas Tentang Musik Dangdut

Sejarah Musik Thursday, 10/Jan/2013 14:22 0 Komentar - 178 hits
Diperbarui pada Tuesday, 03/Dec/2013 02:19
Musik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Walaupun setiap orang akan memiliki jenis musik kegemaran yang berbeda. Salah satu musik asli dan khas Indonesia yaitu musik dangdut. Asal mula musik dangdut sebenarnya diawali dari lagu atau musik melayu. Irama melayu mengalami evolusi seiring dengan bercampurnya beragam budaya. Dengan dimasukkannya unsur kendang, seruling, gitar, dan beberapa alat lainnya pada akhirnya menghasilkan suatu irama baru yang disebut irama dangdut (kata Bang Haji Rhoma Irama).

Pada perkembangan selanjutnya, musik dangdut dijadikan sebagai alat berdakwah melalui lirik-lirik lagu oleh Rhoma Irama bersama dengan orkes melayu pimpinannya (OM Soneta). Berdasarkan hal tersebut, maka tidak mengherankan jika terjadi polemik pada tahun 2003 mengenai gaya panggung penyanyi Inul Daratista dengan goyang ngebor-nya yang dicap seronok dan merusak moral. Jauh sebelum itu dangdut sudah mengundang perdebatan dan berakhir dengan pelarangan panggung dangdut dalam perayaan Sekaten di Yogyakarta. Hal itu terjadi akibat dari gaya panggung penyanyi atau biduan yang terlalu seronok dengan balutan baju mini-nya, sehingga tidak sesuai dengan misi perayaan sekaten sebagai perayaan keagamaan.

Dangdut selama ini dikenal sebagai musik masyarakat kalangan bawah. Panggung kampanye politik pun memanfaatkan dangdut sebagai sarana untuk menarik massa. Walaupun dangdut diasosiasikan sebagai musik masyarakat kalangan bawah, bukan berarti dangdut hanya digemari oleh rakyat jelata. Pada kenyataannya sekarang, dangdut muncul sebagai musik yang diterima dan digandrungi semua lapisan masyarakat. Di kota-kota besar banyak dijumpai kafe, bar, ataupun diskotik yang khusus menyajikan musik dangdut kepada pengunjungnya. Dangdut di era sekarang sudah memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya. Penggemar semakin bertambah setelah genre baru di musik dangdut yaitu dangdut koplo semakin booming dan terbukti dengan banyaknya pencarian dengan kata kunci “dangdut koplo” di internet.
0

budycholesterol
  • City: bengkulu utara
  • Posts: 18
  • Uploads: 7
  • Scores: 724
live without love like a garden without flowers...

Tulis Komentar

.: Belum ada komentar :.

0.004s
ShoutBox