Jenis Musik

Teori Musik Wednesday, 27/Mar/2013 23:55 0 Komentar - 268 hits

1. Berdasarkan Sumber Bunyi


a. Musik Vokal
Vokal berasal dari bahasa italia Voce yang berarti suara yang menggunakan suara manusia sebagai media utamanya.
Bentuk seni vokal dilihat dari jumlah vokalis adalah sebagai berikut:

Sebutan Jumlah Vokalis
Solo 1 orang
Duet 2 orang
Trio 3 orang
Kuartet 4 orang
Kuintet 5 orang
Sekstet 6 orang
Oktet (kuartet ganda) 8 orang
Vokal group Sekelompok orang
Paduan Suara 14 orang atau lebih


b. Musik Instrumental
Musik intrumental ialah musik yang media utamanya berupa bunyi-bunyian dari alat musik, contohnya : sonata, simfoni, soundtrack film, rampak gendang serta ensemble gamelan untuk mengiringi tari atau wayang.

2. Berdasarkan Fungsi


a. Musik Sakral
Musik sakral adalah musik yang difungsikan untuk peribadatan keagamaan, iringan upacara adat atau upacara kematian, contohnya : jenis musik kantata, zikir, liturgi dan gending kebo giro.
b. Musik Profan/Sekuler/Duniawi
Musik profan atau musik sekuler atau musik duniawi difungsikan sebagai hiburan. Jenis musik ini biasanya bersifat pribadi yang mengungkapkan perasaan penciptanya.

3. Berdasarkan Cara Mengaksesnya


a. Musik Live
Pada awalnya hanya dapat dinikmati dengan menyaksikan dengan menyaksikan pertunjukan, baik di gedung pertunjukkan, di lapangan terbuka yang bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.
b. Musik Rekaman
Dengan teknologi perekaman, musik pun akhirnya dapat dinikmati di rumah. Pada awalnya musik direkam diatas piringan hitam yang diputar dengan alat yang dinamakan gramofon. Untuk saat ini teknologi perekaman suara pun semakin canggih dan mulai diterapkan teknologi perekaman audio visual yang dapat menghasilkan rekaman suara sekaligus video.
c. Musik Televisi
Ini merupakan perkembangan dari teknologi perekaman audio visual. Dengan didukang teknologi informasi yang semakin canggih, televisi pun dapat menyajikan acara-acara musik rekaman maupun live.
0

tboel
  • City: kendal
  • Posts: 8
  • Uploads: 0
  • Scores: 878

Tulis Komentar

.: Belum ada komentar :.

0.002s
ShoutBox