Latihan Jari

Tips & Trik Tuesday, 03/Dec/2013 01:34 0 Komentar - 259 hits
Bermain piano/keyboard, kalau kita melihat orang yang sudah profesional pasti kita akan terkagum-kagum sama jemarinya yang lentur.
Lalu bagaimana sih cara belajar melemaskan jari atau pemanasan main piano/keyboard? Berikut ada beberapa tips mengenai tehnik dasar untuk belajar main piano/keyboard: FINGERING (hand and finger forms, relaxation of arms & shoulders) Latihan untuk fingering ini, ditujukan untuk supaya, kita sebagai musisi, khususnya pemain piano atau keyboard, posisi jari dan tangan kita saat bermain ada dalam posisi yang benar. Juga untuk bentuk jari-jari kita saat bermain di atas tuts piano atau keyboard ada dalam posisi sempurna. Latihan jari ini mencakup Tangga Nada dan Cadence.

Sekarang kita akan bahas bagaimana cra pelemasan jari tangan kanan dalam bermain piano/keyboard.
Pertama kali kita tidak usah memainkan cord/kunci yang kita lakukan sekarang ini adalah memainkan tujuh nada yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si, dengan memakai kelima jari tangan kanan.
Bagaimana cara menempatkan jari-jari kita? Cara menempatkan jari adalah: kita mulai dari ibu jari kita yang berawal dari nada C atau bisa di sebut nada (do), lakukan selanjutnya jari telunjuk bertempat di nada (re),
jari tengah di nada (mi),
lalu kembali pakai ibu jari di nada (fa),
kemudian jari telunjuk di nada (sol),
jari tengah di nada (la),
jari manis atau jari cincin di nda (si)
setelah itu sekarang giliran jari kelingking yang membunyikan pengulangan dari nada (do) seperti contoh berikut:

do,re,mi,fa,sol,la,si,do
1,, 2,, 3,, 1,, 2,, 3,, 4,, 5,,

Angka-angka di bawah do,re,mi,fa,sol,la,si,do, adalah menggambarkan penempatan jari-jari kita pada masing-masing nada tersebut, angka (1)menunjukkan ibu jari atao (jempol) angka (2) jari telunjuk, angka (3) jari tengah dan seterusnya sampai ke jari kelingking atau jari (5), ingat itu di lakukan dengan perlahan dulu, jangan sampai kita terburu-buru main cepat.
Setelah kita coba dengan teknik di atas sekarang kita putar balik, maksudnya kita mulai dari jari kelingking dan berakhir di ibu jari atau jempol, contohnya seperti berikut:

do,re,mi,fa,sol,la,si,do
5,, 4,, 3,, 2,, 1,, 3,, 2,, 1,,

Setelah jari kita sudah terasa nyaman dan sudah bisa main sedikit cepat, selanjutnya bagaimana dengan tangan kiri kita? Sebenarnya teknik tangan kiri sama kaya teknik tangan kanan, hanya saja bedanya kalau tangan kanan mulai dari ibu jari sedangkan tangan kiri mulai dengan jari kelingking di nada do, mengenai contoh nya mari kita lihat contoh yang kedua di atas tadi, umpamakan itu sebagai tangan kiri.

Nah sekarang bagaimana sudah lancar belum? Kalau kita sudah lancar sekarang kita coba mainkan do,re,mi, tersebut pakai tangan kanan dan tangan kiri secara bersamaan, pastinya cara ini akan lebih sulit karna dengan jari-jari yang berbeda harus di mainkan secara bersamaan, tapi saya yakin kalau kita mau berlatih secara rutin pasti teknik ini akan segera kita kuasai.
Ayo semangat jangan pernah menyerah.
0

akangtarna
  • City: Belitung
  • Posts: 43
  • Uploads: 29
  • Scores: 537
Akang Tarna

Tulis Komentar

.: Belum ada komentar :.

0.003s
ShoutBox