Line Array adalah Nomor Satu

Sound System Tuesday, 03/Dec/2013 17:18 1 Komentar - 152 hits
Line array speaker system bisa dibilang trend jaman sekarang, kalo ga digantung katanya ga gaul, tapi kenapa line array harus pake banyak ..?? Kenapa line array kok kecil kecil (rata rata yang 2way driver lownya 10inch ke bawah)?? Kenapa grafik frequensi response sebuah line array selalu menanjak/ semakin tinggi freqnya semakin tinggi gainnya (pada single Box) ?

Line array dirancang dengan sudut penyebaran suara lebar pada horizontal tetapi sempit pada sebaran vertikalnya, supaya tidak ada cancelation atau saling mempengaruhi (efek combination filter). Terutama pada frequensi tinggi, oleh karena itu line array memiliki spesifikasi high frequensi dan pendukungnya (horn, Waveguide) yg sangat berbeda dibanding dengan speaker konvensional karena sebaran vertikalnya sempit. Jadi pada line array semisal 12 box, 12 speaker itu di konfigurasi 4 utk longthrow (jarak jauh), 4 box mid throw (jarak tengah ) dan 4 box short throw (jarak dekat). Oleh karena itu line array speaker system butuh lebih dari 4 atau 6 box utk mengcover area venue /lokasi, meskipun dengan 2 atau 4box SPL(kekerasan suara) nya sudah mencukupi.

Lalu kenapa rata rata line array 2 way menggunakan driver 8/ 10inch ? Atau Low frequency menggunakan driver dibawah 10 inch? Pada speaker system, semakin banyak jumlah driver maka lownya akan naik meski tidak kita boosting, itulah mengapa line array menggunakan driver kecil. Untuk mengcover area 100m (misalkan) dibutuhkan 12box line array. Apabila line array menggunakan driver 10inch maka bisa jadi akan imbang low dengan highnya. Nah jika pada LA 2way yang menggunakan low 12/15inch pastinya akan over pada frequency lownya, bisa dibilang terkesan mendem karena tidak ada penjumlahan pada high frequensinya lah alasan mengapa rata rata grafik freq respon line array menanjak (semakin tinggi freq semakitn tinggi gainnya).

Pada line array aktif portabel juga kita ketemui switch utk kompensasi low, ketika pake 1-2 box maka perlu di pencet switch (pada suatu produk) utk me -flatkan Line array tsb, jadi imbang antara high dan lownya. Apabila menggunakan lebih dari 3 box maka switch tersebut perlu dimatikan (utk mengurangi lownya ) karena gain low akan naik karena jumlah.

Sedikit flashback, masih niat kah anda dengan line array ? Pastikan kebutuhan anda. Line array bisa jadi bukan pilihan efektif buat anda.
0

serumpunnada
  • City: duri
  • Posts: 103
  • Uploads: 77
  • Scores: 862

Tulis Komentar

.: 1 Komentar :.


ajun bek
  • City: mataram
  • Posts: 78
  • Uploads: 0
  • Scores: 4
Friday, 03 January 2014 18:53
ada tambahan ilmu lagi.makasih
0
0.055s
ShoutBox