TAHAPAN MEMBUAT STYLE ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
1. Dari menu kita buka Windows - Style atau File - Create Style sehingga terbentuk gambar seperti ini :

[img][/img]

2.Kemudian kita ambil MIDI yang akan kita buat Style-nya dengan mengklik Load dalam MIDI File :



3. Setelah kita pilih MIDI-nya maka selanjutnya kita buat bagian-bagiannya, kita ambil contoh untuk MAIN A sebagai dasar permulaannya. Perhatikan default untuk Length pasti akan tertera 2 bar, sebaiknya kita ganti dengan nilai 1 karena 1 bar relatif lebih fleksibel.



4. Dari Main A tersebut akan kita buat data-datanya berupa not, control data dsb dengan cara klik pada [Paste] dalam kotak MIDI FILE sehingga muncul gambar di bawah ini, perhatikan bahwa terdapat pada Transposition adalah defaultnya Chord, ini artinya OMB akan secara otomatis menyesuaikan dengan Chord yang akan kita buat. Sehubungan dengan pengalaman penulis yang sering kali mencoba dengan cara ini tapi hasilnya tidak memuaskan atau banyak gagalnya sehingga sebaiknya agar lebih pasti kita akan menggunakan Bypass yang berarti bahwa semua data yang kita [Paste] adalah murni dan kita harus mengeditnya langsung tiap event yang ada.
Perhatikan pula Kotak From Thru yang artinya mulai sampai dengan jumlah bar midi yang akan dipenggal dari File MIDI (cara untuk mengetahui adalah Tekan Audition untuk mendengarkannya) ini perlu diperhitungkan pada Bagian Main/Fill In karena efektifitas kita buat akan mempengaruhi jika kita salah memilih. Dan yang lebih penting semua variable ini harus kita coba-coba sehingga kita mendapatkan cara yang lebih praktis dengan hasil yang maksimal.




5. Setelah [OKE] akan masuk dalam gridline edit style seperti gambar pertama di bawah ini. Kemudian klik 2 X pada Events sehingga kita mendapatkan data not seperti dalam gambar kedua.
Dari sini kita baru dapat mengolahnya. Usahakan kunci dasarnya adalah Cmaj7 sehingga patokan kita adalah C-E-G-B-D. Perhatikan pada gambar dengan teliti maka kita akan mengetahui bahwa MIDI tersebut pada posisi kunci pada G. Bisa juga kita cari dari Channe yang diletakan untuk Bass!!!

Ada dua cara untuk merubahnya yaitu:
a. Transpose pada Menu Track
Semua channel harus kita transpose ke C (kecuali Channel 10 - Drum) setelah itu edit hasil yang sudah ditranpose tersebut dan sesuaikan dengan patokan kunci CMaj7.
b. Edit langsung satu persatu.
Caranya adalah dengan mengubah langsung satu persatu dalam Edit Event. (Misalnya pada posisi Kunci G maka D->G, B->E dan G->C jika ada diluar dari Nada tersebut seperti F# maka usahakan kita ubah dalam posisi CMaj7 terdekat). Tolong perhatikan Velocity yang berarti kerasnya not dan Duration berarti lamanya not dimainkan.
Patokan kunci yang ada dalam MIDI File, biasanya diketahui dari Bass yang dimainkan.

Gambar 1



Gambar 2



6. Terakhir kita rubah pada Transpose type yaitu dari Bypass ke Chord atau Bass atau Melodi. Pekerjaan ini diulang beberapa kali pada Track yang ada isinya kecuali Track yang ada Channel 10 karena peruntukan Drum.



Catatan tambahan:
Kadangkala ketika kita paste destination channel tidak sesuai dengan batasan Keyboard Yamaha (Channel 9 sd 16), Oleh karena itu kita siasati dengan mengambil dahulu bagian pertama dalah Intro A/B/C. Setelah itu kita dengarkan dahulu (Audition) pada saat permainan melodi tengah yang teramai menggunakan alat musiknya. Setelah kita mengetahui baru kita ambil bagiab barnya. Kemudian kita edit masing-masing channel ke Channel 9 sd 16. Jika berlebih kita kurangi channelnya dengan meng-Kill yang kemudian saat di Paste jangan di contreng Track/Channel yang tidak diharapkan atau yang kosong. Perlu diketahui jika MIDI file juga terdapat memainkan instrumentnya yang biasanya di track 1 atau 4, maka jangan dicontreng pula track tersebut.

Dalam membuat Style kadang-kadang kita bosan karena dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam mengedit Event Data maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan latihan sehingga kita dapat mengetahui cara yang tercepat.
Perlu diketahui jika kata orang bahwa untuk membuat style di keyboard yamaha butuh waktu berhari-hari namun bagi penulis jika File MIDI-nya sudah tersedia waktu yang dibutuhkan hanya dalam tempo kurang dari 2 jam.
Salah satu caranya MIDI file yang telah di dapat di Transpose dahulu menggunakan Cake Walk dalam Kunci C / Am setelah itu baru diolah menggunakan OMB.
Untuk MIDI lagu-lagu baru kadang-kadang dapat kita buat dengan meneruskan File MIDI demo dengan menggunakan Cakewalk. Disini tugas kita adalah meneruskan kebutuhan Rythm dan variasinya untuk dapat dijadikan Main/Fill In dalam keyboard kita.
0

sanisa
  • City: putussibau
  • Posts: 1
  • Uploads: 0
  • Scores: 40
Ezra_Paul

Tulis Komentar

.: Belum ada komentar :.

0.003s
ShoutBox