1. Salah satu fitur terbaru yang disajikan oleh keyboard yamaha seri terbaru PSR S-950/S-750 adalah fitur AUTO POWER OFF atau lebih dikenal dengan sistem penonaktifan/mematikan keyboard secara otomatis dengan mengatur waktu sesuai dengan keinginan penggunanya, walaupun fitur ini jarang dipergunakan tapi ada baiknya jika para rekan keyboardist sudah mengerti cara mengaktifkan fitur ini, okeyyy..

Silahkan mengikuti panduan dibawah ini :

1. FUNCTION > UTILITY > tekan TAB dan pilih “CONFIG 1″
2. Silahkan menekan tombol dibawah layar “3 dan 4″ untuk mengatur waktu penonaktifan keyboard.
Setelah anda mengatur waktu settingan, maka hitungan mundur sudah dimulai. Jadi, jangan terkejut bila nantinya keyboard yamaha psr s-950 milik anda bisa tiba-tiba mati tanpa sebab.


2. Ada sedikit info yang mungkin dapat bermanfaat bagi para pengguna keyboard yamaha PSR S950 atau S750. dikhususkan untuk para pemula yang masih baru menggunakan keyboard yamaha seri terbaru ini, penting untuk diperhatikan bahwa untuk melakukan beberapa settingan ataupun file berupa song dan style harus menggunakan fungsi yang bernama “SAVE” . Untuk menekan fungsi tombol “SAVE” silahkan tekan tombol no “6″ pada bagian bawah layar keyboard, atau silahkan lihat gambarnya dibawah ini :



3. Bagi para pengguna keyboard yamaha seri PSR S950 dan PSR S750 penting mengetahui cara melakukan resetting factory, atau yang lebih umum dikenal dengan mengembalikan pengaturan keyboard yamaha psr s-950 dan psr 750 ke settingan/pengaturan awal yang distandartkan dari pabrikannya.
Untuk cara melakukan settingan tidak ada perubahan dari versi keyboard yamaha sebelumnya, namun untuk yang belum pernah menjalankan “RESETTING RESET FACTORY” ini cukup hanya mengikuti langkah mudah dibawah ini :

1. Kondisikan keyboard yamaha psr s-950/s750 dalam kondisi mati “OFF”
2. Selanjutnya silahkan menekan touch (Key) C6 dan tekan tombol power “ON”
3. Silahkan tunggu sejenak proses “RESET FACTORY” sedang berjalan.
4. Selesai, dan keyboard sudah kembali kesettingan awal pabrikan.
Atau silahkan lihat gambar dibawah ini :

4. Cara Melakukan loading file song di keyboard yamaha PSR S950, cara loadingnya sama dengan keyboard yamaha PSR S910 yang sudah terlebih dahulu diluncurkan oleh Yamaha.
Mungkin ada beberapa dari teman keyboardist yang belum tahu mengenai cara menjalankan proses loading tersebut, silakan ikuti langkah dibawah berikut :

1. Siapkan data berupa song/lagu keyboard didalam flashdisk (midi / style)
2. Selanjutkan koneksikan flashdisk yang berisi lagu tersebut ke keyboard yamaha PSR S950.
3. Untuk langkah selanjutnya silahkan lihat SONG dan tekan tombol [Select] lalu perhatikan tampilan pada layar keyboard
4. Pilih opsi “USB1″ dengan menekan tombol “TAB”
5. Pilih Song/Lagu yang ingin diputar dengan menekan tombol “ENTER”
6. Setelah proses selesai, untuk memutar file song/lagu silahkan menekan tombol [PLAY/PAUSE]

Dan song/lagu akan berjalan, jika file tidak dapat diputar atau error pastikan file yang ada masukkan didalam flashdisk dalam keadaan baik dan tidak berupakan file corrupt dan pastikan file song memang diperuntukkan untuk keyboard yamaha PSR S950.


5. Bagi para pengguna baru yang belum tahu cara merubah bahasa di keyboard yamaha PSR S950 atau PSR S750 bisa melakukan langkah singkat berikut :

1. Silahkan tekan “FUNCTION” – “UTILITY” untuk memilih opsi silahkan tekan tombol “TAB”
2. selanjutnya masuk ke opsi “OWNER” dan pilih jenis bahasa yang ingin anda pergunakan.
3. Selesai.


6. Untuk dapat menonaktifkan/mematikan salah satu channel pada saat song midi diputar pada keyboard yamaha PSR S950 silahkan mengikuti beberapa tahapan langkah dibawah ini :

1. Silakan di loading dulu song midi yang akan anda nonaktifkan salah satu channelnya.
2. Jika sudah diloading silahkan tekan tombol “CHANNEL ON/OFF”
3. Maka akan muncul pada tampilan layar track channel dari 1 s/d 16
4. Pilih track channel yang akan anda nonaktifkan dengan menekan tombol dari 1 s/d 8 yang terdapat pada bagian bawah layar

Tips ini dapat dipergunakan untuk menonaktifkan beberapa jenis alat musik yang tidak ingin anda tampilkan pada saat song midi diputar.



7. Salah satu kecanggihan yang dimiliki oleh keyboard yamaha PSR S950 yaitu memiliki fitur pemutar mp3, untuk dapat memutar file mp3 dikeyboard yamaha PSR S950 ini sangatlah mudah, berbeda dengan seri keyboard yamaha sebelumnya. Fitur pemutar mp3 dikeyboard yamaha PSR S950 ini dibuat sangat simpel dan dapat langsung diakses dengan cepat, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini :


1. Hubungkan Flashdisk yang sudah berisi Mp3
2. Selanjutnya silahkan tekan tombol “USB AUDIO PLAYER” dan akan tampil menu Interface Player Audio.
3. Tekan tombol [H] [FILE].
4. Pilih file audio yang akan mau diputar, dan untuk memutar silahkan tekan tombol [8] pada bagian bawah layar.

Untuk fitur canggihnya file audio yang anda putar bisa di naik turunkan nadanya (transpose) (Minus/Plus), dan ada juga fitur untuk mempercepat dan memperlambat tempo.

8. Untuk para user Yamaha PSR S950 penting untuk dapat mengetahui bagaimana proses backup pada keyboard tersebut.
Backup akan sangat perlu untuk mengantisipasi apabila terjadi error pada sistem keyboard tersebut, untuk melakukan proses update pun sangat mudah untuk dijalankan.

Silahkan lakukan tahapan langkah dibawah ini :

1. Tekan tombol [Function] untuk masuk kedalam menu pengaturan pada keyboard yamaha psr s950
2. Masuk pada Tab [Utility] dan pilih opsi [Owner] tekan tombol "TAB" ya untuk memilih opsi.
3. Setelah masuk pada opsi Owner silahkan tekan tombol [D] dan proses backup akan ditujukan pada flasdisk yang sudah terpasang pada keyboard.

Tunggu hingga proses pengupdatean selesai!
Dengan melakukan proses backup ini maka anda memiliki cadangan file untuk sistem keyboard anda!, jika suatu saat terjadi masalah error pada proses pengolahan data, anda bisa menggunakan file Backup ini untuk mengembalikan fungsi sistem seperti semua.



9. Anda dapat melakukan beberapa tahapan langkah dibawah ini, untuk merubah settingan suara pada Yamaha PSR S750 / PSR S950 agar lebih maksimal :

1. Posisikan keyboard yamaha PSR S950 sobat dalam keadaan ON,

2. Dilanjutkan dengan menekan tombol [MIXING CONSOLE] perhatikan bagian pada layar dan cari fitur [VOL/VOICE] dan lakukan beberapa perubahan berikut ini :

- Vol. Song (100) Vol. Style (100) Vol. Multipad (100) dan yang terakhir Vol. Mic (0) Lanjut ke [EFFECT] untuk merubah fitur silahkan tekan tombol TAB pada bagian atas sebelah kanan layar keyboard, lanjutkan dengan menekan G (Reverb) Song (0) Style (0) Multipad (0) Mic (0) dan selajutnya menekan I (Chorus) Song (0) Style (0) Multipad (0)

3. Untuk proses selanjutnya silahkan loading ataupun Song/Style

Nah, sekarang coba rasakan perubahan yang yang telah anda lakukan sebelum dan sesudah dilakukan proses settingan.
0

Satrio Wibowo Wicaksono
  • City: Palembang
  • Posts: 54
  • Uploads: 40
  • Scores: 424

Tulis Komentar

.: 1 Komentar :.


viona olan
  • City: Nunukan
  • Posts: 332
  • Uploads: 101
  • Scores: 2468
Wednesday, 27 January 2016 10:41
Mas kenapa psr 950 tdk bs membaca hhd eksternal? Sdgkn di 910 atau a2000 bisa
Olan Ana :phone: 082322233432

'' Si Darah Bugis Bone "

TAK MENGENAL LELAH DAN SELALU SABAR
0
0.02s
ShoutBox