Menyeting Sound Effect (Sound FX) External untuk Vokal

Cara Mensetting Sound FX External untuk Vokal - Rasanya kurang menawan apabila vokal kita saat bernyanyi tidak dilengkapi dengan gema atau echo. Sebagian penyanyi kadang merasa enggan bernyanyi kalau tanpa echo ini. Peralatan untuk membangkitkan gema pada vokal, efek suara atau pada teknik sound system biasa disebut Sound FX. Di dalam Speaker System aktif kadang pabrik sudah melengkapi peralatan ini dengan fasilitas Echo, anda tinggal membuka level echo untuk menaikkan tingkat gemanya. Seperti kita ketahui bahwa pada DVD Player untuk kita berkaraoke sudah ada fasilitas Digital Echo yang bisa kita atur kepekaan dinamika suaranya dengan menekan remote control.

Peralatan Sound FX pada Sound System

Peralatan Sound FX ini dihasilkan oleh perangkat Elektronik berupa Processor Multi-FX Audio 24 bit, sistimnya mungkin terus mengalami perkembangan. Di dalam Mixer audio sudah terpasang dengan processor FX audio ini, namun tidak seluruhnya dipasang oleh pabrik pembuat.
Ada berbagai macam variasi gema suara yang bisa dihasilkan oleh processor FX. Peruntukannya pun beragam sesuai keperluan, diantaranya;
Sound FX untuk vokal,
Efek gema yang sering digunakan dalam vokal adalah Echo, Delay, Reverv, Hall, Room, Embience dan lainnya.
Sound FX untuk instrument,
Para musisi terutama guitarist (Lead Guitar) selalu menggunakan Sound FX untuk membuat harmonis suara gitarnya. Efek suara yang selalu kerap mereka gunakan adalah Distorsi, Chorus, Flanger, Metal, Delay, Over Drive, dan lain-lain.
#1. Sound FX Internal pada Mixer

Lalu bagaimana kalau anda memiliki mixer dan anda ingin membunyikan suara echo ini. Pada mixer tertentu kadang ada pengolah audio ini, tapi sebatas pada channel tertentu, tak semuanya memiliki processor FX. Di sana terdapat daftar simulasi audio yang dapat anda pilih. Sistim kerja simulasi FX ini merubah 24 bit Analog audio menjadi Digital kemudian merubahnya ulang menjadi Analog hingga kita bisa mendengar suara ini, kita sebut 24 bit A/D dan DA Converter.
Tips dan Trik/ Cara Setting Sound FX pada Mixer

Di dalam sirkuit FX processor ini terdapat pengatur level input (Send Level) dan pada bagian akhir(output) juga terapat pengatur level output (Return level). Input Send mendapat sinyal audio berasal dari channel yang anda pasang (buka). Pada masing-masing channel terdapat knob bertuliskan FX. Output sinyal yang telah mengalami pemprosesan digital ini kemudian menjadi analog yang keluarannya akan terhubung ke bagian penjumlah/ pencampur pada bagian master sirkuit di perangkat Mixer anda. Pada bagian 'adding' di master ini terdapat pengatur kepekaan (level return) yang akan memberikan seberapa besar 'kuat gema' yang and kehendaki. Jadi anda harus bisa mengatur sinkronisasi antara Send level input dengan level Return agar suara yang dikeluarkan oleh perngkat ini terdengar bagus.
#2. Perangkat Sound FX External

Ini yang menjadi topik pembicaraan kita pada judul di atas. Kadang para sound-man atau pemilik sound kurang puas dengan suara FX yang dikeluarkan oleh processor FX internal ini. Malahan ada yang menggabungkan kedua device ini agar diperoleh suara yang variatif. Prinsip kerjanya sama dengan FX internal di mixer.
Tips dan Trik atau Cara Setting External FX

Pada artikel terdahulu saya pernah membahas mengenai AUX Send pada mixer, coba anda buka ulang. Dan sebagai rujukan coba anda buka juga cara setting microphone. Di sana anda dapat belajar bagaimana cara setting dan mengkoneksikan peralatan ini. kabel yang kita butukan untuk menghubungkan antara mixer dengan external FX adalah kabel dengan connector TR atau phono jack. Anda dapat menyalurkan sinyal audio pada channel yang anda pilih ke AUX send Connector (misalkan AUX 1) di mixer console anda lalu output processor FX external anda Return ke connector Return pada Mixer. Bila tidak ada fasilitas 'jack Return' di Mixer maka anda dapat menghubungkannya ke Stereo Channel pada Mixer dengan catatan anda tidak boleh membuka Level AUX 1 yang terhubung ke sound FX external pada channel stereo tersebut karena dapat menimbulkan umpan balik.
0

a L d o
  • City: PADANG
  • Posts: 33
  • Uploads: 0
  • Scores: 571
---

Tulis Komentar

.: Belum ada komentar :.

0.004s
ShoutBox