PENGOPRASIAN KEYBOARD KORG PA50/MicroArrangger

Korg Tuesday, 17/Jul/2018 08:29 0 Komentar - 12 hits
Korg PA 50 adalah jenis keyboar interaktive dengan sebutan lain Professional Arranger yang menggunakan tone generator HI (Hyper Integrated) setara dengan Triton, Multi Task operation yg menyajikan load-While-Playing (loading disk sambil tetap bermain) serta Direct Flopy disk yg dapat secara langsung membaca data tanpa harus loading terlebih dahulu. Korg pa50 memiliki 304 style – 8 track accompainment termasuk 32 style tradisional musik indonesia plus 48 uses style. Fasilitas edit style (8 track accompainment) untuk mebuat irama sesuai keinginan kita, 4 streo efect atau 89 type, edit sound, sequencer 16 track dengan pengoprasian yg sama sekali tidak serumit yang anda Bayangkan.

MEMAINKAN SOUND SECARA PENUH/FULL PADA POSISI STYLE PLAY

Tekan tombol Full Upper yang ada di sebelah kanan display maka tidak ada split antara bunyi Upper/melody dengan lower artinya semua tuts akan menampilkan satu jenis suara, dan apabila dimainkan berikut style maka anda juga bisa memainkan Chord secara bebas diposisi Upper maupun Lower, Selesai.

MEMFUNGSIKAN SINGLE TOUCH SETTING

Setiap style/Irama yg kita pilih telah dilengkapi 4 setting STS yg berbeda F1, F2, F3 dan F4 yg berfungsi sebagai Upper/melody lagu. Bila anda ingin merubah STS Sesuai yg di inginkan. misalnya anda ingin merubar STS: 1 maka, tekan tombol ENSEMBLE lalu tekan tombol WRITE DISC IN USE, pilih/tekan STS: 1 lalu tekan Enter/Yes 2x, Selesai….Mudah kan?. untuk merubah STS berikutnya lakukan hal yg sama seperti di atas, Selamat mencobanya!.

CARA MEMAINKAN BREAK

Untuk bermainkan break anda bisa menggunakan COUNT IN BREAK bila tombol ini di tekan maka akan terjadi break 1 bar yang di awali dengan bunyi simbal namun bila anda menekan 2x tombol COUNT IN BREAK hingga lampu lednya berkedip maka akan terjadi break lebih dari 1 bar yg di awali dengan suara simbal tiap barnya, untuk mengakhiri break tekan tombol COUNT IN BREAK hingga lampu lednya kembali normal. Adapun dengan menekan tombol synchro Star dan Stop maka bila chord yg kita mainkan di lepas maka bunyi instrument akan berhenti dan bila kita memainkan chord tersebut maka instrument akan bunyi kembali, untuk memainkan secara normal tekan/matikan tombol STOP. Demikian dari saya, semoga bermanfaat.

MEMUNGSIKAN FERFORMANCE/STYLE CHANGE

Selain Single Touch Setting, setting suara juga bisa di simpan ke dalam tombol PERFOMANCE yang dapat dikelompokan ke dalam 20 bank. Masing-masing bank memuat 8 suara pilihan sehingga total 160 Suara bisa di pilih. Sebagai contoh kelompok piano, alat tiup atau yang lainnya sehingga cukup memudahkan dan mempercepat si Player untuk memilih suara-suara yang diinginkan. Caranya: * pastikan setting suara ada di PROGRAM * Aturlah posisi upper 1, 2, dan 3 yang akan di rubah kemudian pilih suara yang diinginkan, sebelum di simpan anda masih bisa menyetting Volume, Panpot, effek seuai keinginan. * Tekan Perf.Name: rubahlah nama sesuai jenis suara yang diinginkan dengan menggunakan tombol putar untuk memilih huruf dan Up+ Down- untuk menggeser huruf * Tekan Perf.n: * Tekan Enter/yes 2x. Untuk memainkannya tekan tombol PERFORM. Kemudian tekan tombol untuk memilih sound/suara PROGRAM/PERFOMANCE. Selain sound/suara anda jujg bisa menyetting style-style pilihan dan menyimpannya ke dalam memory – STYLE CHANGE + PERFORM. Langkah-langkahnya sebagai berikut: * Pilih style, aturlah setting seperti yang diinginkan seperti pempo, atau upper bila bila diperlulan. * Tekan Write Disc In Use. * tekan Perf. Name: rubahlah nama susuai judul lagu/ seperti yang diinginkan * tekan Enter/Yes 2x. Cara memainkannya: * Tekan 2 tombol STYLE CHANGE dan PERFORM. * Tekan tombol PROGRAM/PERFORMANCE yang memuat bank 1 – 20, misalnya tombol piano/Sax maka display akan menampilkan nama-nama style pilihan. * Pilih/tekan nama style yang di inginkan. * Tekan Star/stop dan mulailah bermain maka PA50 akan menampilkan setting yg telah anda buat tati. Untuk memudahkan pengoprasian antara PERFORM dengan STYLE CHANGE + PERFORM , anda bisa menggaturnya dgn menempatkan setting suara <PERFORM> pada bank 1 s/d 10 dan style <STYLE CHANGE + PERFORM> pada bank 11 s/d 20.
0

Muhammad Ramdani
  • City: bandar lampung
  • Posts: 7
  • Uploads: 5
  • Scores: 72
Savana Live Musik

Tulis Komentar

.: Belum ada komentar :.

0.001s
ShoutBox