Awal belajar bermain keyboard pastilah banyak yang bingung bagaimana cara memainkannya, apalagi jika melihat banyaknya tombol yang kita lihat, pada pembahasan kali ini sebelum kita belajar mengenal tombol tombol pada keyboard, pertama kita akan belajar mengenal " Fingerboard " istilah ini sering di sebut dengan papan jari atau tuts. Tuts putih merupakan nada dasar dan tuts hitam adalah nada kromatis. Di ujung fingerboard bagian ujung paling kiri adalah nada C, nada C menggunakan tuts warna putih, jadi apabila di urutkan dari ujung kiri urutan nadanya adalah C D E F G A B C, nada nada ini menggunakan tuts putih. Perlu diperhatikan dalam mengenal fingerboard ada istilah yang disebut dengan OKTAF, yaitu nada kedelapan.

Nada C pada keyboard biasanya terletak pada ujung kiri fingerboard, nada C yang pertama ini disebut dengan oktaf ke 1, apabila sudah ketemu nada C berikutnnya maka disebut oktaf ke 2 dan begitu seterusnya sampai oktaf bagian terakir. Rata rata oktaf pada keyboard biasanya terdiri dari 5 oktaf. Kita bisa memahaminya dengan memulai nada C yang berada pada ujung kiri fingerboard terutama tuts yang berwana putih.

Kemudian setelah kita sudah memahami finger board dan oktaf langkah selanjutnya adalah mengenal jari kiri dan kanan. Pada jari kiri, jari no 1 dimulai dari kelingking, dan pada jari kanan jari no 1 di mulai dari ibu jari. Setelah itu mulailah memahami jari 1 2 3 4 5 baik dari tangan kanan dan kiri. Perlu di ingingat bahwa dasar memainkan keybord jari yang digunakan menggunakn jari 1 3 5 dan ini berlaku untuk tangan kanan dan kiri.
...........................................................................................................................................................

Akord adalah susunan nada yang terdiri dari 3 atau lebih yang digunakan untuk mengiringi melodi.

Intinya untuk memainkan keyboad sebelumntya kita harus bisa memainkan Akord, karena akord ini di gunakan untuk mengiringi melodi, berikut ini adalah nama akord dasar dan susunan nadanya, agar lebih mudah silahkan dihafalkan nama dan susunan nadannya.

1. C mayor memiliki susunan nada C E G
2. D minor memiliki susuanan nada D F A
3. E minor Memiiliki susunan Nada E G B
4. F mayor memiliki susunan nada F A C
5. G mayor Memiliki susunan nada G B D
6. A minor memiliki sususunan nadan A C E
7. B minor memiliki susunan nada B D Fis ( nada Fis menggunakan tuts hitam da terletak disamping kanan setelah nada F )




Perhatikan baik baik untuk memainkan akord dasar harus menggunakan jari 1 3 dan 5 baik dari tangan kanan maupun tangan kiri, tolong pahami letak jari tersebut jangan sampai keliru
Setiap akord memiliki susunan nada yang terdiri dari 3 nada, saya ambil contoh akord C mayor, memiliki susunan nada C E G, nada C adalah nada ke 1 maka dimainkan dengan jari 1, nada E adalah nada ke 2 makadi mainkan dengan jari 3 , dan G nanda ke 3 dimainkan dengan jari 5. Dari jari 1 3 dan 5 ini berlaku untuk tangan kana dan kiri. Jika tangan kanan 1 3 5 tangan kiri juga harus 1 3 dan 5. Dan kedua nya harus menekan secara bersamaan sekaligus kompak.
Berikut adalah rumus jari untuk susunan nada pada akord dasar keyboard.
Nada ke 1 jari 1
Nada ke 2 jari 3
Nada ke 3 jari 5
Apabila tangan kiri berada pada oktaf 1 tangan kanan berada pada oktaf 2, intinya selisih tangan kiri ke tangan kanan adalah 1 oktaf. Maka apabila tangan kiri berada pada oktaf 2 tangan kanan berada pada oktaf 3.

Jika sudah bisa dipahami mulailah mencoba dan praktekan ke 7 akord tersebut dan memainkannya langsung pada alat musik keyboard, semoga bermanfaat, trimakasih.
0

dodyseno4j1
  • City: bawang
  • Posts: 2
  • Uploads: 0
  • Scores: 21

Tulis Komentar

.: Belum ada komentar :.

0.001s
ShoutBox