Mengetahui Wilayah Suara Anda atau Seorang Penyanyi

Tips & Trik Friday, 11/Dec/2009 10:31 55 Komentar - 9565 hits
Diperbarui pada Friday, 11/Dec/2009 21:50
Tips Mengetahui Wilayah Suara Anda atau Seorang Penyanyi

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menentukan wilayah vokal dan karakter suara kita dengan menggunakan beberapa rumus yang rumit. Namun pada kesempatan ini akan ditawarkan satu cara yang sangat sederhana yang bisa dipraktekkan oleh siapa pun.
Ikutilah suara lagu-lagu dibawah ini tanpa menggunakan falsetto (suara dalam/palsu). Caranya, putarlah rekaman lagu-lagu di bawah ini dan ikutilah suara sang Vokalis saat ia bernyanyi, dengan menyamai ketinggian suaranya

Untuk Wanita :

1.Lagu : Menghitung Hari (KD), Snow On Sahara (Anggun)
2.Lagu : Aku baik-baik saja (Ratu), Tirai (Dewi Gita), Terlena (Ike Nurjanah)
3.Lagu: 1 bait pertama lagu Burung Camar (Vina Panduwinata), 1 bait pertama Aku Baik-Baik Saja (Ratu)
4.Lagu: Cinta (Vina Panduwinata), Burung Camar (Vina Panduwinata)
5.Lagu: Hero (Mariah Carey), I will Always Love You (Whitney Houston), The Power Of Love (Celine Dion), My Heart Will Go On (Celine Dion)

Kunci:
Jika anda bisa menirukan 100 % dengan tepat pada nada dasar aslinya, tanpa menggunakan falsetto, tercekik, atau terlalu rendah pada poin-poin di atas tadi, maka anda adalah:
1.Lagu pada poin 1 anda adalah seorang Sopran
2.Lagu pada poin 2 anda adalah seorang Mezzo Sopran
3.Lagu pada poin 3 anda adalah seorang Alto
4.Jika anda bisa melakukan pada poin 4 di atas, maka suara anda memiliki ring suara atau wilayah suara yang panjang. Anda bisa menjadi penyanyi Alto, Mezzo Sopran, atau pun Sopran
5.Jika anda bisa melakukan pada poin 5, maka anda memiliki ring suara yang sangat jauh (panjang), dari paling rendah hingga paling tinggi. Dan suara anda tergolong langka di dunia. Bisa mencapai 5-7 oktav jika diukur menggunakan sebuah piano. Dan bisa menjadi seorang penyanyi hebat



Untuk Pria

1.Lagu: Sewu Kutho (Didi K), Menunggu (Ridho Rhoma), Kangen (Dewa 19), Musisi (God Bless), Dea Lova (Once), English Man In New York (Sting), Chareless Whisper (George Michael)
2.Lagu: Bukan Cinta Biasa (Afgan), Terima Kasih Cinta (Afgan), Can’t Help Falling In Love (Julio Iglesias)
3.Lagu : 1 bait pertama Lagu My Way (Frank Sinatra), 2 baris pertama Biar Bulan Bicara (Broery Marantika)
4.Lagu : You Raise Me Up (Josh Groban), Biar Bulan Bicara (Broery Marantika), Hati Yang Terluka (Broery Marantika)
5.Lagu : Wild World (Mr. Big), Final Count Down (Europe), She’s Gone (Steel Heart), November Rain (GNR), Forever In One (Helloween)

Kunci:
Jika anda bisa menirukan 100 % dengan tepat pada nada dasar aslinya, tanpa menggunakan falsetto, tercekik, atau terlalu rendah pada poin-poin di atas tadi, maka anda adalah:
1.Lagu pada poin 1 anda adalah seorang Tenor
2.Lagu pada poin 2 anda adalah seorang Bariton
3.Lagu pada poin 1 anda adalah seorang Bass
4.Jika anda bisa melakukan pada poin 4, maka suara anda memiliki ring suara atau wilayah suara yang panjang. Anda bisa menjadi penyanyi Bass, Bariton, bahkan Tenor
5.Jika anda bisa melakukan pada poin 5, maka anda memiliki ring (wilayah) suara yang sangat jauh (panjang) dari paling rendah hingga paling tinggi. Dan suara anda tergolong langka di dunia. Bisa mencapai 4-6 oktav jika diukur mengguanakan piano. Dan bisa menjadi seorang penyanyi berpotensi tinggi.

PERHATIAN !!!
JANGAN MEMAKSAKAN SUARA ANDA UNTUK MENGIKUTI SUARA SEORANG PENYANYI YANG BERSUARA SANGAT TINGGI.
BERBAHAYA!
PITA SUARA ANDA AKAN TERLUKA. DAN JIKA SUDAH TERLUKA ANDA TIDAK AKAN BISA BERNYANYI ATAU BERSUARA SEBAIK SEBELUMNYA!
0

Aliv Katja
  • City: Yogya
  • Posts: 766
  • Uploads: 31
  • Scores: 3242
Let's talk about Music

Tulis Komentar

.: 55 Komentar :.


seagitsp
  • City: klaten
  • Posts: 18
  • Uploads: 0
  • Scores: 1
Monday, 13 April 2015 11:34
bulan sabit atau biar bulan bicara ya um? :)
0

siti jamilah
Monday, 25 November 2013 23:20
hallo..
kak, aku mau tanya.. kalo jenis suara steep up itu maksudnya gimana ya? makasih sebelumnya..
0

Jun
Wednesday, 20 November 2013 15:11
Mas, saya mau tanya. Suara saya bisa dikatakan cempreng walau saya sudah 19thn. hehe dan orangtua mau pun teman2 bilang
kalau saya seperti tidak mengalami perubahan suara saat akil baligh.

Dan saya dalam beberapa kali kesempatan bernyanyi bersama teman2, bisa menjangkau suara yang menurut teman2 tdk
terjangkau seperti lagu om Ebiet - Berita Pada Kawan, J-Rocks - Falling in love, d'masiv - Cinta ini membunuhku, Samsons
- Kenangan terindah, dan sebagainya.

Apa suara saya sudah tergolong tinggi?
0

Manto
Saturday, 27 April 2013 13:16
Tahnk's sob
tinggal dimana nih?
0

manotas
  • City: Medan-Surabaya
  • Posts: 149
  • Uploads: 3
  • Scores: 2029
Monday, 11 March 2013 12:12
Hmmm...suara sya termasuk kdlm kelas SUARA HATI.....

Prikitiuwuwuwuwuw
Horas Music Ent' with KN2600/KorG Pa50
"MENEBAR NADA MENUAI RASA"
0

kurnia
Wednesday, 06 March 2013 10:10
mau numpang tanya.
saya pernah ngrekam suara sendiri pke hp. tp suara saya terdengar sengau/ sprti org kena flu. apa dg suara sprti ini
bisa jadi seorang pnyanyi? minta pendapatnya ya mas.
terima kasih.
0

melinda
Wednesday, 07 November 2012 16:02
pantesan suara saya ga bisa kyk dlu..saya sering memaksakan suara saya dg nada yg tinggi... hehehe
hal ini bisa d perbaiki ga ya..???saya pengen suara yg kyk dlu...
0

Aliv Katja
  • City: Yogya
  • Posts: 766
  • Uploads: 31
  • Scores: 3242
Sunday, 21 October 2012 18:03
gogo wrote:
Bang mau tanya, saya bingung range vocal saya, kok kayaknya diantara bass dan bariton ya? hahaha
dan banyak lagu cewek yang saya bisa nyanyi, karena bisa nge ubah nadanya ke rendah. itu problemnya apa ya
bang?


Bisa saja anda menyanyikan lagu dengan suara lebih rendah dari range suara anda. Namun range asli suara anda pada nada
dasar tertinggi yang bisa anda nyanyikan :)
Let's talk about Music
0

Aliv Katja
  • City: Yogya
  • Posts: 766
  • Uploads: 31
  • Scores: 3242
Sunday, 21 October 2012 18:02
Lia Hasan wrote:
Wahh.. dapet juga info tentang ini xD
Makasih banyaak :D


Mau tanya : "Ikutilah suara lagu-lagu dibawah ini tanpa menggunakan falsetto (suara dalam/palsu)."

Maksud dari suara falsetto itu yang suara kayak gimana, Om? (maap, nggak tau enaknya manggil apa xD)

trus kalo yang ini : "menirukan 100 % dengan tepat pada nada dasar aslinya"
Itu maksudnya, kita musti ngikutin seberapa tingginya nada penyanyi itu ya?

Reply please :D


Suara dalam itu suara yang ditahan, dipalsukan, tidak lepas seperti suara asli.

Pada nada dasar aslinya yaitu sesuai lagu asli pada CD audio atau MP3 dari lagu yang sedang dinyanikan penyanyi asli.
Bukan Midi atau karaoke minus one :)
Let's talk about Music
0

Lia Hasan
Sunday, 21 October 2012 07:53
Wahh.. dapet juga info tentang ini xD
Makasih banyaak :D


Mau tanya : "Ikutilah suara lagu-lagu dibawah ini tanpa menggunakan falsetto (suara dalam/palsu)."

Maksud dari suara falsetto itu yang suara kayak gimana, Om? (maap, nggak tau enaknya manggil apa xD)

trus kalo yang ini : "menirukan 100 % dengan tepat pada nada dasar aslinya"
Itu maksudnya, kita musti ngikutin seberapa tingginya nada penyanyi itu ya?

Reply please :D
0
0.194s
ShoutBox