SOUND SYSTEM

Sound System Friday, 27/May/2011 18:47 0 Komentar - 27 hits
Diperbarui pada Thursday, 16/May/2013 00:32
SOUND SYSTEM

Sound system dalam bahasa berarti sistem tata suara, adalah sebuah upaya untuk mendapatkan hasil audio yang bagus dan enak didengar. Sound system adalah sinergi antara beberapa perangkat elektronika. Yang mana masing-masing perangkat diharuskan sesuai (match) satu sama lain.

Bagian Sound system

1. MICROPHONE
Microphone (mic) adalah alat untuk mengubah getaran suara menjadi sinyal listrik electromagnetic. Ada tiga jenis microphone :


Microphone condenser.
Microphone ini mengadopsi cara kerja kondensator, getaran suara mengubah jarak antar elemen kondensator yang berarti mengubah kapasitas kondensator. Microphon jenis ini sampai sekarang tetap menjadi pilihan favorit pengguna peralatan soundsystem.

Microphone dynamic.
Microphone ini menggunakan kumparan dengan inti magnet. Prinsip kerjanya adalah kebalikan dari loudspeaker. Getaran suara menggerakkan kumparan menjauh dan mendekati magnet, sehingga pada kedua ujung kumparan terjadi potensial listrik yang berubah-ubah. Dan sampai saat ini microphone dynamic masih banyak dipakai orang.

2. AUDIO MIXER.
Mixer adalah alat pen-campur dari beberapa input, bisa microphone dan atau input lainya seperti player Keyboard, DVD dll agar tidak terjadi tumpang tindih (over lap). Pada mixer terdapat beberapa chanel, yang masing-masing chanel ada beberapa tombol pengatur untuk mengatur masukan suara.

3. EQUALIZER
Equalizer adalah Filter Range frekwensi suara dari berbagai masukan dari mixer untuk disambungkan ke input amplifier. Equalizer memiliki pengaturan frekwensi di setiap chanelnya. Pemasangan Equalizer Biasanya setelah output dari Mixer.

4. AUDIO EFECK
Audio efeck adalah perangkat pembangkit Gaung. yang berpungsi membangun ulang gelombang suara electromagnetic menjadikan suara karakter yang diinginkan.
Pada instrumen gitar audio efek digunakan untuk mengubah asli suara gitar menjadi bermacam warna suara yang di inginkan sesuai karakter yang dimiliki fasilitas audio efek tersebut.
Pada sound system audio efeck digunakan untuk merubah warna suara dan memberikan gaung untuk input yang masuk pd audio mixer. misalnya untuk vokal agar kedengaran lebih merdu.

5. COMPRESSOR DAN LIMITTER
Compresor adalah perangkat sound system yang berpungsi untuk menyerap / mengadopsi sinyal suara elektromanetik dalam rangkaian yang mengeluarkan input kecil. Sedangkan Limitter adalah perangkat kebalikan dari Compresor yaitu Pembatas sinyal audio electromagnetic yang mengeluarkan suara output besar untuk pengeluaran yang konstan/tetap.
Biasanya Compresor dan Limiter ada dalam satu perangkat. Harga perangkat ini lumayan, sehingga jarang dipakai orang.

6. FEEDBACK DESTROYER
Feedback destroyer adalah perangkat untuk menepis akibat dari feedback (umpan balik) suara dari Output Loud speaker kembali ke mikropon terus menerus yang mengganggu.
Cara kerja Perangkat ini adalah menepis/ menyimpangkan frekwensi suara yang terlalu menonjol yang mengakibatkan umpan balik yang merugikan.

7. CROSSOVER
Crossover berguna menyimpangkan Frekwensi audio elektromagnetic menuju suara yang diinginkan.
Crossover ada 2 Macam yaitu Fasif dan Aktif.
Crossover Fasif adalah rangkaian kumparan /lilitan dengan capasitor untuk mengubag frekwensi. biasanya dipasang pada langsung pada box Loud speaker dengan frekwensi range yang tetap.
Crossover aktif adalah perangkat elektronik yang dipasang berdampingan dengan mixer,equalizer sebelum amplifier. Karakter Frekwensi dapat diatur sesuai selera.
Output Crossover tergantung perangkatnya:
2 way, berarti Low dan High
2 way, berarti Low, Midle dan high
4 way, berarti Low, Lowmidle, Midlehigh dan High.

8. POWER AMPLIFIER.
Power amplifier adalah penguat audio. Syarat penguat audio yang baik diantaranya adalah menghasilkan output suara yang utuh dan jernih.
Output amplifier biasanya RMS dan impedansi resistannya antara 2-16 ohm.

9. KOTAK SUARA.
Kotak suara umumnya terbuat dari bahan kayu, tapi sekarang ada juga kotak suara berbahan non kayu. Apapun bahannya semua pembuat kotak suara telah mendisain kotak suaranya dengan perhitungan yang tepat, sehingga meski bentuknya tidak terlalu besar tapi hasil keluaran suaranya amat menakjubkan.

10. LOUDSPEAKER.
Loudspeaker merupakan perangkat soudsystem yang mengubah kembali getaran suara yang pada awal tadi diubah menjadi siyal listrik, kini sinyal yang telah diperkuat oleh amplifier kembali diubah menjadi suara, tentu saja menghasilkan suara yang lebih besar dari semula.

Uraian di atas adalah komponen pokok dari perlengkapan soundsystem. Tentu masih banyak lagi yang harus diperhatikan untuk membuat soundsystem bekerja dengan sempurna. Seperti pemiliha kabel mic yang baik, penggunaan merek aksesoris lain seperti parametrik, equalizer, voltase dan arus listrik dan lain sebagainya akan meningkatkan performa dari soundsystem anda

DEDY IRFANSYAH
Semoga bermanfaat.
0

DEDY IRFANSYAH
  • City: KANDIS
  • Posts: 110
  • Uploads: 29
  • Scores: 1838
SHINTYA PRIMA MUSIK
KANDIS - RIAU

Tulis Komentar

.: Belum ada komentar :.

0.003s
ShoutBox